D. Job Discription ( Uraian Tugas )
Mengacu pada struktur organisasi LKM/BMT Gapoktan di atas, maka pada masing-masing tingkatan diberikan uraian tugas sebagai fungsi masing-masing tingkatan dengan ciri sebagai sebuah organisasi :
|
1. Manajer Umum
|
· Bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi dan pengarahan dari semua aktivitas operasi BMT guna mencapai sasaran dan tujuan yang sudah ditetapkan.
|
· Bertanggung jawab menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan produk, pemasaran dan penerapan dari sistem manajemen, administrasi kepegawaian, keuangan dan akuntabilitas keuangan pada pengurus.
|
· Bertanggung jawab untuk operasi yang menguntungkan dalam rangka kebijaksanaan, sasaran-sasaran dan anggaran-anggaran yang dibuat bersama staff manajemen.
|
Tugas Utama dan Wewenang :
|
1. Membuat dan menerapkan rencana-rencana dan sasaran-sasaran dari bawahan langsung.
|
2. Membuat rencana kerja secara periodik, yang meliputi
|
a) Rencana pemasaran
|
b) Rencana pembiayaan
|
c) Rencana biaya operasi
|
d) Rencana keuangan
|
3. Merencanakan dan memantau aktivitas pembiayaan dan penggalangan dana
|
· Menyetujui sasaran pemasaran jangka panjang dan pendek.
|
· Mengevaluasi pelaksanaan terhadap sasaran usaha dan melakukan perbaikan bila perlu.
|
· Mengikuti syarat-syarat pembiayaan secara keseluruhan dan ikut serta dalam pembiayaan dan penggalan dana yang penting bila perlu.
|
4. Merencanakan dan memantau aktivitas pembiayaan dan penggalangan dana
|
5. Merencanakan dan memantau sistem aplikasi dari pesanan pelanggan untuk memastikan terpenuhinya kualitas layanan.
|
· Mengikuti sistem aplikasi permintaan langganan dan menentukan serta memperoleh penerapan yang cocok.
|
· Berkoordinasi dengan para manajer guna pengembangan sistem dalam rangka pembuatan proyek yang memungkinkan sistem informasi dan transportasi pengiriman yang baku.
|
6. Memimpin rapat manajemen guna menyediakan media komunikasi, koordiansi dan pengambilan keputusan teknis dari sasaran-sasaran dan target yang sudah ditetapkan.
|
7. Menyediakan jalur komunikasi dan koordinasi yang jelas antara para manajer dan rekan sekerjanya secara fungsional di wilayah area pemasaran sebagai pusat koordinasi pembiayaan dan penggalangan dana, pengembangan sistem pemasaran dan promosi bagi yang berprestasi.
|
8. Memberikan persetujuan akhir atas struktur organisasi dan pengisian stafnya, remunerasi, dengar pendapat, pemberhentian, kenaikan pangkat di semua bagian yang dibawahinya.
|
9. Mengarahkan persiapan dan menyetujui anggaran biaya dan operasional pemasaran LKM/BMT.
|
10. Membuat laporan secara periodik kepada badan pengawas/ dewan pendiri, berupa :
|
(a) Laporan pembiayaan baru
|
(b) Laporan perkembangan pembiayaan
|
(c) Laporan dana
|
(d) Laporan keuangan
|
Hubungan Kerja Utama
|
(tidak termasuk hubungan yang berkaitan dengan koordinasi langsung)
|
1. Bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memperoleh informasi dan data tentang produk-produk baru, sistem-sistem pelatihan dan pengembangan sistem Informasi.
|
2. Bekerjasama dengan bagian pembiayaan dan penggalangan dana untuk menyediakan ide-ide pengembangan pemasaran dan pengaturan wilayah pemasaran.
|
3. Bekerjasama dengan Administrasi dan keuangan untuk penganggaran biaya pemasaran (pameran, seminar, presentasi dll).
|
4. Bekerjasama dengan Administrasi dan keuangan untuk membuat target-target financial LKM/BMT.
|
5. Bekerjasama dengan bagian pembiayaan dan penggalangan dana untuk memperoleh koordinasi pemasaran produk.
|
2. Bagian Keuangan dan ADM
|
Kewenangan :
|
Menangani Administrasi dan keuangan, menyusun dan melaporkan laporan keuangan
|
Tugas-tugas :
|
· Mengerjakan Jurnal Buku Besar
|
· Menyusun Neraca dan Rugi Laba secara priodik
|
· Melakukan pengalokasian pendayagunaan dana
|
· Membantu manajer dalam hal pembuatan dan perumusan Arus Kas dan Budgeting.
|
3. Bagian Pembiayaan
|
Kewenangan
|
Melakukan kegiatan pelayanan kepada peminjam serta melakukan pembinaan agar pembiayaan yang diberikan tidak macet
|
Tugas-tugas
|
(1) Menyusun rencana pembiayaan
|
(2) Menerima analisa pembiayaan
|
(3) Melakukan analisa pembiayaan
|
(4) Mengajukan pembiayaan kepada komite
|
(5) Melakukan administrasi pembiayaan
|
(6) Melakukan pembinaan nasabah/anggota
|
(7) Membuat laporan perkembangan pembiayaan
|
4. Penggalangan Dana
|
Kewenangan
|
Melakukan kengiatan pengerahan tabungan anggota/masyarakat sebagai pembangkait modal LKMS
|
Tugas-tugas
|
(1) Menyusun rencana pengerahan tabungan
|
(2) Merencanakan produk-produk tabungan
|
(3) Melakukan analisa data tabungan
|
(4) Melakukan pembinaan nasabah/anggota
|
(5) Membuat laporan perkembangan tabungan
|
5. Kasir
|
Kewenangan :
|
Bertugas sebagai penerima dan juru bayar
|
Tugas-tugas :
|
§ Menerima/menghitung uang dan membuat bukti penerimaan
|
§ Melakukan pembayaran sesuai dengan perintah manajer
|
§ Melayani dan membayar pengambilan tabungan
|
§ Membuat buku kas harian
|
§ Setiap akhir jam kerja menghitung uang yang ada dan meminta pemerikasaan dari manajer
|
E. KUALIFIKASI SDM
1. Pengurus
|
Pengurus terdiri dari 3- 5 orang , dengan struktur satu orang ketua, satu sekretaris, satu bendahara dan sisanya anggota. Kualifikasinya adalah orang yang mempunyai pengetahuan dan mengerti tentang seluk beluk pengelolaan LKM/BMT. Pengurus adalah wakil dari RAT yang dipilih dan diangkat oleh RAT .
|
2. Pengawas
|
Pengawas adalah orang yang diangkat oleh RAT dengan tugas utama untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasehat baik diminta ataun tidak kepada pengurus. Maka untuk orang yang duduk di pengawas ini adalah orang yang mempunuai sifat amanah, serta mempunyai pengetahuan dan keterampilan tentang pengelolaan LKM terutama berhubungan dengan aspek akuntansi/ Audit, serta praktek muamalah.
|
3. Pengelola
|
Untuk menempati posisi dalam struktur tersebut, diperlukan personil yang berkualifikasi memadai atau memiliki kompetensi yang sesuai baik dari aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap sebagimana berikut :
|
Manajer Umum |
· Amanah & Jujur
|
· Mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kepemimpinan
|
· Memiliki kemampuan managerial
|
· Mempunyai Visi bisnis
|
· Inovatif dan kreatif.
|
· Mampu menjalin hubungan dengan lembaga lain.
|
· Mampu bekerjasama dalam tim.
|
Bagian Keuangan dan ADM |
· Amanah dan Jujur
|
· Berlatar belakang keuangan/akuntansi atau memiliki kecenderungan atau mempunyai pengalaman di bidang akuntansi dan manajemen keuangan.
|
· Cermat dan Teliti.
|
· Memiliki jiwa terbuka
|
· Mampu bekerjasama dalam TIM.
|
Bagian Pembiayaan
|
· Amanah dan Jujur
|
· Kreatif dan inovatif
|
· Berlatar belakang atau memiliki kecenderungan atau mempunyai pengalaman di bidang merketing
|
· Cermat dan teliti.
|
· Mempunyai sikap terbuka
|
· Mampu bekerjasama dalam TIM.
|
· Kemampuan dalam perancanaan program
|
· Kemampuan melakukan analilis usaha
|
· Mengerti prinisp-prinsip pengembangan usaha
|
Bagian Penggalangan Dana |
· Amanah dan Jujur
|
· Kreatif dan inovatif
|
· Supel dalam bergaul
|
· Mempunyai sikap terbuka
|
· Berlatar belakang atau memiliki kecenderungan atau mempunyai pengalaman di bidang merketing
|
· Mampu bekerjasama dalam TIM.
|
· Kemampuan dalam perancanaan program
|
· Kemampuan melakukan analilis usaha
|
· Mengerti prinisp-prinsip pengembangan usaha
|
E. Kasir |
· Amanah dan jujur
|
· Senang dengan pekerjaan rutin
|
· Teliti dan cermat
|
· Disiplin
|
· Mampu menghitung dengan cepat dan cermat
|
Catatan : Bila pada saat awal pendirian pengelolanya terdiri dari tiga orang, maka sangat disarankan sebagai berikut :
|
1. Manajer umum dapat dirangkap dengan Pembiayaan
|
2. Fungsi kasir dapat dipegang oleh Pemasaran
|
3. Fungsi pembukuan tidak boleh melaksanakan fungsi kasir.
|
0 komentar:
Posting Komentar